Oprek Bongkar Notebook Acer Aspire One AO531h Mati Total


notebook acer aspire one

Pertama saya panic sekali dengan keadaan notebook acer aspire one kesayangan yang mati total tetapi lampu power menyala. Saya kira kabel harddisk yang kendur atau memorinya, dan setelah saya bongkar dan teliti kembali dengan mengumpulkan fakta akhirnya ketemu juga penyebabnya sob. ternyata penggunaan berlebihan yang menyebabkan notebook saya mati total. Solusinya hanya bios yang perlu di update.

Saya akui memang sewaktu penggunaan notebook saya forsir 2 hari tidak mati. dan yang kedua mungkin sudah lama saya pakai sekitar 3 tahunan lebih sudah menemani dan membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah dan lain-lain tentunya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk sobat yang mempunyai masalah sama seperti notebook acer mati total:

1. Cek lampu indikator power menyala atau mati, jika mati coba untuk charger dahulu.

2. Dirasa sudah cukup, selanjutnya nyalakan kembali. Belum ada tanda kehidupan coba cek baterai notebook, jika masih mati coba lepas baterai dan pakai langsung ke stop kontak.

3. Pastikan dirumah anda sedang tidak mati lampu hehe.. atau sekarang anda boleh coba memakai terminal listrik ke stop kontak yang lain.

4. Jika bukan itu masalahnya sobat novtani boleh membongkar notebook acernya. memang ekstrem namun hanya memastikan saja sebelum anda serahkan pada teknisi hehe..

5. Cek memori dan harddisk tetapi tidak saya wajibkan untuk melepas dan membongkarnya hehe.. asalkan ada tanda tanda kehidupan aliran listrik dan kipas notebook menyala dan sobat boleh menghirup udara sementara hehe.. :D berarti masih ada harapan untuk hidup notebooknya hehe..

6.  Berati masalahnya ada pada BIOS , yaitu harus update BIOS. dan berikut langkahnya :

  • Pinjam laptop teman atau komputer orang juga boleh hehe..
  • Siapkan Flashdisk 2 Giga atau 1 giga juga cukup dengan Format FAT 32.
  • Download File BIOS update nya disini atau model lain coba masuk websitenya kesini
  • Ekstrak file Zip copy 2 file ke flashdisk tanpa folder root.
  • Tancapkan flashdisk seperti biasa dan colokan kabel charger ke notebook.
  • Tekan FN + ESC tahan bersamaan kemudian tekan tombol power sekali.
  • Kemudian setelah beberapa saat menekan lalu lepaskan tombol FN + ESC setelah lampu indikator notebook berkedip.
  • Tekan tombol power sekali lagi maka lampu flashdisk ikut berkedip, tunggu saja berarti update bios sedang bekerja walaupun power  kelihatannya tidak menyala.
  • Tunggu notebook restart dengan sendirinya.
  • Setelah restart notebook akan kembali tampil namun tunggu sekitar 10 menit lamanya sambil minum coffe dulu gan biar ga panik hehe..
  • dan setelah itu notebook tampil seperti biasa, namun ada beberapa OS yang minta repair hehe.. karena update bios. solusinya masukan CD repair instalan OS lalu pilih repair.

Dan berikut ini pengalaman saya ,ada tutorial untuk membongkar dan mengoprek notebook acer aspire one sobat. simak cekidot :

bongkar notebook acer

Pertama siapkan beberapa tools obeng pin set satu kotak , kalau sobat tidak punya boleh pinjam keteman atau beli di toko komputer terdekat hanya 45 ribu semahal-mahalnya.

Bongkar bagian memori lalu lepas dan bersihkan bagian kaki memori dengan penghapus dan kaki-kaki dudukannya dibersihkan menggunakan pembersih debu atau kuas yang lembut.

memori notebook

Lihat gambar memori notebook acer diatas yang sudah dilepas dari kaki notebook. cara melepas memori notebook hanya menekan penekan dibaigan pinggir memori saja.

acer aspire one bongkar

kemudian bongkar bagian atas dengan membongkar bagian pertama yaitu keyboard dengan hati-hati karena ada beberapa kabel ribbonyang sedikit kecil. lepaskan seperti gambar diatas.

Cara melepas keyboard di notebook acer memang harus hati-hati, sobat boleh menggunakan obeng pin yang kecil untuk membantu melepas bagian atas keyboard dengan memperhatikan pengancing disekitar depan. tekan satu persatu lalu angkat keyboard secara perlahan.

DSC00139

dan setelah itu bongkar bawahan keyboard yaitu chasing bagian atas  secara teliti kemudian lepaskan kabel ribbon yang menempel pada set motherboard. Lepaskan dengan cara mengait pangkal kabel dengan berlahan, jika susah boleh menggunakan pinset atau sejenisnya untuk membantu.

Perhatikan bagian sisi sebelah kanan dan kiri lalu lepas secara berlahan dengan obeng pin set, tetapi sebelum mencongkel bongkar semua baut yang menempel dibagian atas dan samping depan yang mengait chasing bagian atas.

Congkel menggunakan obeng bagian pinggir sisi kanan dan kiri lalu dibantu dengan menggunakan tangan untuk mengangkat chasing. Jika sudah maka gambar akan terlihat seperti diatas dan dibawah ini.

acer aspire one ao531h

Bersihkanlah pada bagian ini, agar tetap bersih dengan menggunakan pembersih debu untuk notebook dan laptop bisa juga dengan menggunakan kuas kecil asalkan lembut.

Cek beberapa kabel komponen untuk memastikan tidak ada yang lepas dan kendur. jika kurang yakin sobat boleh lepas saja harddisk untuk memastikan harddisk masih bisa digunakan.

Cara melepas harddisk notebook acer hanya melepaskan baut-baut yang mengunci harddisk saja.

Coba lihat gambar berikut ini :

hardisk notebook

Gambar harddisk yang sudah dilepas, ukuran hard disk notebook memang lebih kecil dan sobat novtani harus berhati-hati dalam menaruhnya. Jangan sembarangan hehe..

yups itulah tips membongkar notebook acer aspire one ao531h semoga bermanfaat ya sob.

akhir kata saya mohon maaf jika fotonya kurang jelas, maklum menggunakan kameran hangpone biasa hehe.. tadinya pengen bikin vidieo tapi ribet belum sempet nanti kapan-kapan kalau punya web cam dan notebook baru hehe..

Jika sobat mengalami kesulitan saya sarankan tanya pada yang ahli atau bawa ke tukang services komputer terdekat. :)


Baca Artikel Lain :

About these ads

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on January 2, 2013, in Computer Stuff, Hardware, Notebook and tagged , . Bookmark the permalink. 16 Comments.

  1. aspire ku baru setahun udah bermasalah. tapi gak berani bongkar2 kaya kamu, langsung bawa ke tukang servis. awalnya katanya cuma disambungin aja soalnya ada kabel2 yang putus di keyboard (beberapa tuts seperti A, Q, tab, juga panah ke kiri ga fungsi ). udah jadi beberapa minggu eh begitu lagi akhirnya ganti keyboard. total keluar kocek 300 rebu huhuhuhu…

    • hehe.. cuma nekat aja ko sist .. mau gimana lagi klo lapie rusak manyun deh ga bisa ngerjain tugas hehee..

      hmm mahal juga ya hihihi.. setahu aku sih coba buka sensornya klo memang rusak banget. bersihin dulu aja. emg sistah ngetiknya kaya gimana hihihi..
      tapi gpp sist sekarang kan udh normal lagi laptopnya :D

  2. Mantabs,anak Pakuan emang harus gitu bro sering Oprek sana-oprek sini,coz gak ada tu Matkul/ilmunya kalo cuma ngandelin Kampus…
    Hehehheheheee…Peace.

  3. postingannya keren abis gan.. simple tapi jelas. gw suka banget. thanks

  4. Trims ya,,,
    bermanfaat sekali n akhirnnya sy tau komponen Hdware Notbook Acer One,,
    (y)

  5. Wah bagus nih infonya. Saya memang sedang mencari informasi seperti ini. Terima kasih banyak ya atas artikelnya. Selalu posting ya…Sekali lagi terima kasih atas ilmunya

  6. gan kalo buat asus eee pc 1215p update bios yang mati totalnya gimana tuh ? tolong solusinya gan

    • belum pernah coba sih gan, coba agan klo brani ekspol sendiri hehee.. kalau agan masih bingung agan boleh buka youtube langsung cari dengan keyword ” Flashing the BIOS on Asus EeePC ” semoga membantu ya gan :D

  7. ane emang hobby utak atik elektronik yang rusak, tp ga berani sama aspire one sendiri. awalnya karena dpinjam ama sodara buat instal applikasi, dicobain colokin usb buat tes tu printer k toko elektronik.pas usb dicabut semua kursornya sama sekali ga jalan.dia matiin paksa tu accer ane dgn mnekan tombol power.pas dinyalain lagi blank.. no bootable device. insert boot disk n press any key. kata org tokonya pas blik ksana hardisknya rusak. data ane pada ilnag semua.karna dia ganti hardisk yang baru. abis itu jln spt biasa, tp ga nyampe 3mggu begono lagi, dia juga ga mo beliin hardisk lgi. pdhal accer ane blom smpe 10bln. apa hrus ane ganti hardisk lagi gan..??biar ga terjadi lagi gimana cara agar hardisk terawat dan ga gampang rusak lagi. thanks……

    • Ada kasus yang mirip kayak gini pernah ane alami tapi pc sih gan hehee.. coba agan test harddisknya di kompi lain pake kabel converter harddisk. biasanya sih masalah sama biosnya yang pernah ane alami di pc. cek battray bios di bersihin.. kalo ga cek di pengaturan drive kompi kemungkinan ga ke detect sama mobo nya .Select the primary hard drive and save. kalo untuk hard drive cara perawatannya gampang ga terlalu susah sih kecuali harddisk bekas atau yang udah bad sector gan. Beli harddisk yang menurut agan terpercaya dan bermerk pastinya ;)

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,446 other followers

%d bloggers like this: