Langkah-Langkah Membuat Program Secara Teori Dasar


progamer

Merancang sebuah program tentunya tidak mudah, perlu adanya beberapa tahap pembuatan progam yang baik dan benar. Program disusun dengan beberapa algoritma yang di implementasikan ke dalam bahasa pemograman.  Sedangkan orang yang profesinya membuat program disebut dengan programmer. Programmer dekat dengan system analyst, system analyst adalah profesi diatas seorang progammer , biasanya system analyst adalah senior programmer yang sudah banyak memakan asam garam dunia programming.

Program memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat IT. karena segala sesuatu yang dilakukan di dalam IT pastilah memerlukan program. Program yang paling sederhana sekalipun setidaknya memiliki 3 bagian:

  1. Input – Masukan data.
  2. Proses – pemrosesan input.
  3. Output – keluaran program, kebutuhan yang kita harapkan.

Dalam membuat program, pemrograman adalah pokok dari proses pembuatan program itu sendiri namun pemrograman bergantung dari pemahaman persoalan, analisis sistem, perencanaan-perencanaan  dalam mendesain program itu sendiri.

Selain pemrograman hal yang utama harus dilakukan adalah merencanakan langkah-langkah yang harus diambil dalam menyelesaikan masalah. Karena dengan mengetahui masalah dan langkah-langkah penyelesaikan berarti kita sudah menyelesaikan program tersebut sebanyak 50% dari total pekerjaan, selanjutnya adalah teknis pembuatan itu sendiri yang di kenal dengan pemrograman/koding.Sebaliknya jika kita tidak bisa mengetahui masalah dan belum bisa membuat perencanaan berarti kita sudah merencanakan kegalan itu sendiri.

Tahap-tahap pembuatan program secara teori dasar :

1. Defining the problem ( definisi masalah )

Masalah disini yaitu masalah yang akan di analisis dan selanjutnya di pecahkan melalui program atau aplikasi melihat dari sundut pandang kebutuhan.

2. Planning and Design System ( perencanaan dan desain system )

Pada tahapan ini sangat diperlukan, karena tanpa tahapan planning pekerjaan yang dilakukan akan sia-sia tentunya dan memakan waktu yang lama. dengan planning system akan jelas serta tampilan aplikasi yang dibuat juga terarah. biasanya perancangan system dilakukan oleh system analyst yang selanjutnya di kerjakan oleh seorang programmer.Design System ini biasanya menggunakan Flowchart System atau symbol alur program dan sebagainya.

3. Implementasi

Pada tahap ini programmer tentunya mengimplementasikan rancangan ke dalam bentuk struktur coding atau sering di sebut code a programmer languange. Bahasa program tentu banyak tergantung pemakaian.

4. Documentation ( dokumentasi )

Setelah tahap implementasi dilakukan dan program sudah mencakup 80 % selanjutnya buat lah dokumentasi atau komentar-komentar pada cuplikan program, tujuannya adalah jika terjadi debug atau problem kita dapat mengoreksinya dengan mudah dan sebaliknya orang dapat mengoreksi program yang kita buat.

5. Testing

Tahap testing juga tidak luput dari pembahasan seperti yang di kutip dari blog sebelah yaitu tahap :

  • Unit Testing
    Menguji setiap unit dan modul yang terdapat dalam program tersebut
  • Integration Testing
    Menguji integrasi yang dilakukan kepada program seperti halnya ketika program tersebut sudah diinstall di client kita yang membutuhkan integrasi dengan sisitem yang lain seperti halnya integrasi dengan database.
  • Validation Testing
    menguji masukan yang diberikan kepada program. apapun masukannya program harus bisa menyelesaikan dengan baik.
  • Sistem Testing
    Pada tahap ini menguji permorfa dari program, apabila program dijalankan dengan kondisi-kondisi tertentu bagaimana?

6. Maintenance

Program tanpa maintenance tentu tidak update dalam masalah bug error report yang dikeluhkan oleh pemakaian.  Agar aplikasi dapat di kembangkan kembali beberapa tahun kemudian atau open source serta ada juga close source yang tidak bisa di kembangkan oleh pihak lain biasanya ditentukan oleh lisensi sebuah program hanya untuk pemakaian saja.

Hargailah profesi seorang programmer, karena menciptakan sebuah program itu tidak mudah seperti memasak air. Tanpa programmer dunia IT tidak berkembang pesat seperti saat ini. Programmer juga butuh hidup dan sosialisasi. karena menjadi programmer itu tidak mudah.

Sekian artikel tentang tahapan pembuatan sebuah program, semoga dapat berguna dan menambah ilmu . Terimakasih :D

Sumber : http://wa2n.staff.uns.ac.id/2008/09/14/tahapan-membuat-program-dengan-baik/

About these ads

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on August 1, 2013, in Computer Stuff. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Bagian yang paling lama biasanya bagian yang mana mbak?
    terima kasih

  2. susah banget

  1. Pingback: Laporan Praktikum 1 | iniblogsayatriyogo

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,503 other followers

%d bloggers like this: