Observasi Sistem ke PT.Holcim Indonesia Narogong


universitas pakuan ciangsana

universitas pakuan ciangsana

Assalamulaikum.

kali ini saya mau posting pengalaman observasi kami Mahasiswa UNIVERSITAS PAKUAN CIANGSANA ke PT.Holcim Indonesia Narogong Plant.

Yang pertama pengalaman kami memasuki kawasan yang dimana penerapan IT nya sangat lah canggih. disana kita di jelaskan meliputi kegiatan produksi perusahaan, sejarah holcim, hingga penerapan bidang IT di PT. Holcim Indonesia Narogong itu sendiri.

Disana kami di beri penjelasan bahan dari produksi semen itu sendiri, mulai dari bahan batubara hingga masuk dalam mesin yang berukuran besar. Pada proses selanjutnya di unit kiln, campuran dibakar dengan temperatur sangat tinggi (hingga 1450 °C) hingga terjadi perubahan fasa campuran dari solid/padat menjadi liquid/cair. Bahan bakar yang digunakan berupa batubara. Hasil dari unit kiln ini berupa clinker.

Clinker ini selanjutnya siap memasuki proses finishing agar menjadi semen yang siap dipasarkan. Clinker dengan komposisi ± 96% dicampur dengan gypsum dan aditif lain ± 4% kemudian masuk lagi ke dalam finish mill untuk mereduksi ukurannya. Setelah dari finish mill, semen ,masuk ke silo untuk kemudian dikemas lalu didistribusikan.

Penggunaan Bahan Baku dan Bahan Bakar Alternatif BBMA / AFR (Alternative Fuel and Raw Material) adalah Bahan Bakar dan Bahan Baku Alternatif yang dimanfaatkan untuk menggantikan bahan bakar dan bahan baku yang biasa kita gunakan. Bahan bakar atau Bahan baku Alternatif disini adalah bahan bakar atau bahan baku yang bisa diperbaharui atau material dari hasil samping suatu industri (limbah industri lain) seperti kain bekas, kentang impor yang membahayakan, sekam padi dan lain sebagainya.

Pemanfaatan/pemusnahan material hasil samping dari industri lain di proses industri semen disebut dengan Co-Processing.

materinya cukup banyak yang kita dapat disana. huft berhenti sejenak ..😀.

holcim-narogong

holcim-narogong

lanjut. PT. Holcim Menggunakan Sistem SAP pada penerapan bidang IT nya. SAP adalah singkatan dari kata SYSTEM APPLICATIONS PRODUCTS in data procesing. SAP adalah suatu sistim yang di desain sedemikian rupa sehingga mampu mengitergrasikan beberapa sistem atau modul yang diperlukan untuk menjalankan proses bisnis seperti:

  • Office
  • Logistic
  • Plant Maintenance
  • Material Management
  • Quality Management
  • Financial dan Acounting
  •  Human Resources (HRD)
  • dan Information Tecnology (IT)

dalam satu sistem yang mudah, cepat dan akurat dan terintergrasi. maka dari itu banyak perusahaan perusahaan besar telah memakai sistem ini untuk membantu menjalankan roda bisnisnya agar mampu bersaing dengan pasar bebas dunia (global market) yang akan datang.

Holcim-logo

Logo Holcim

PT. Holcim Indonesia Narogong menggunakan system yang sangat canggih yang menginduk servernya ke thailand. dengan peralatan komunikasi radio serta akses perusahaan yang menggunakan media internet namun tetapi setiap manager it dan bagian admin pengoprasian software aplikasi diberikan password masing masing. sehingga terjaga kerahasiannya di dalam perusahaan.

Untuk sobat yang belum mengerti atau mudeng tentang SAP itu apa . Cek kesini

Atau yang butuh materi Laporan Observasi Bidang Studi Kuliah punya saya monggo sedot gan kesini cek kesini

Atau sobat yang belum ngerti juga yowes dateng aja ke kampus tak jelasin sampe berbusa hehe.. ( kidding )😀

Materi yang kami dapat cukup lumayan banyak sampai saya lupa apa yang di jelaskan hehe.. maaf next soon saya bisa update😀. terimakasih dan semoga bermanfaat yo.


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on May 22, 2012, in Observasi Sistem and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: