Interaksi Manusia Dan Komputer


Bahasan : bab 2 lanjutan
Dosen : ibu rini ambarsari


  • Faktor Manusia

Pengendali motorik
respon utama manusia adalah dua buah tangan dan 10 jari. pengendali motorik pada diri manusia dapat dilatih untuk mencapai taraf kemampuan tertentu.

Panca Indera
Manusia “merasakan” dunia nyata dengan menggunakan peranti yang lazim dikenal sebagai panca indera, yaitu mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit. Lewat panca indera inilah kita dapat membuat model manusia sebagai pengolah informasi.

Beberapa ahli berpendapat, mata manusia terutama digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir dari gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur, dan warna.

Dalam dunia nyata, mata selalu digunakan untuk melihat semua bentuk tiga dimensi.
Dalam sistem komputer yang menggunakan layar dua dimensi, mata kita “dipaksa” untuk dapat “mengerti” bahwa obyek pada layar tampilan, yang sesungguhnya berupa obyek dua dimensi, harus dipahami sebagai obyek tiga dimensi dengan teknik-teknik tertentu.

  • Luminasi
Luminansi (luminance) adalah banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek. Besaran ini mempunyai satuan lilin/meter persegi. Semakin besar luminansi sebuah obyek, rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata akan semakin bertambah. Diameter bola mata akan mengecil sehingga akan meningkatkan kedalaman fokusnya.
  • Kontras
Kontras adalah hubungan antara cahaya yang dipancarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang obyek tersebut

Nilai kontras positif akan diperoleh jika cahaya yang dipancarkan oleh sebuah obyek lebih besar dibanding yang dipancarkan oleh latar belakangnya. Nilai kontras negatif dapat menyebabkan obyek yang sesungguhnya “terserap” oleh latar belakang, sehingga menjadi tidak nampak.

  • Kecerahan
Kecerahan (brightness) adalah tanggapan subyektif pada cahaya.
Tidak ada arti khusus dari tingkat kecerahan seperti pada lurninansi dan kontras, tetapi luminansi yang tinggi berimplikasi pada kecerahan yang tinggi pula.
  • Sudut dan Ketajaman Pengelihatan
Sudut penglihatan (visual angle) didefinisikan sebagai sudut yang berhadapan oleh obyek pada mata (Downtown dan Leedham, 1992).
Ketajaman penglihatan (visual acuity) adalah sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas. Gambar 2.4 menunjukkan sebuah obyek yang mempunyai tinggi L dan jarak dari mata pengamat adalah D.
  • Medan Pengelihatan
Medan penglihatan adalah sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh (Downtown dan Leedham, 1992).
Besarnya daerah atau medan penglihatan dinyatakan dalam derajat, dapat bervariasi tergantung gerakan mata dan kepala yang dapat dibagi menjadi: kepala dan mata keduanya diam, kepala diam mata bergefak, dan keduanya bergerak.
  • Warna
Seseorang dengan penglihatan warna normal mampu membedakan kira-kira 128 warna yang berbeda. Banyaknya warna yang dapat dibedakan satu dengan yang lain bergantung kepada tingkat sensitivitas mata seseorang.
Selain itu, sensitivitas ini juga tidak merata pada seluruh medan penglihatan. Mata dapat membedakan warna secara akurat ketika posisi obyek membentuk sudut sebesar ±60° terhadap mata (dengan posisi kepala dan mata diam).
download materi presentasi available here :


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on May 24, 2012, in Interaksi Manusia Dan Komputer and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. judulnya kaya mata kuliah saya gan pas kuliah..jurusan SI

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: