Kemampuan Pelaporan


Diana Rosadi

065209318

Universitas Pakuan


Apakah manajemen sistem informasi itu ?

System Informasi Manajemen adalah serangkaian sub-sistem yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang ditetapkan.
Kemampuan Pelaporan
Prinsip Pelaporan
  • Laporan harus menonjolkan informasi penting
  • Laporan harus seringkas mungkin
  •  Harus disediakan dukungan atau back up rinci
  •  Sistem pelaporan manajemen biasanya dalam transisi
  •  Setiap laporan harus berformat keputusan
  •  Terstruktur untuk melaporkan suatu kinerja

Peringkasan Informasi

  • Pada tingkat operasi dan penyediaan, laporan manajerial biasanya  harus berisi rincian yang mendalam, seperti daftar produk yang dihasilkan atau daftar neraca konsumen. Tetapi di atas tingkat penyedia maka sebagian besar laporan berisi ringkasan informasi.
  • Ada beberapa jenis peringkasan. Yang paling sering digunakan dalam kegiatan bisnis adalah agresi-yakni penggabungan sederhana informasi yang berkategori sama baik dari departemen yang sama taupun berbeda.

Jenis Laporan

Laporan periodic

Apa yang paling diharapkan dari system informasi yang memberikan laporan rutin atas periode waktu tertentu. Biasanya laporan demikian dilaporkan mingguan, bulanan dan lain sebagainya. Laporan periodic ini meliputi aspek luas, sejak dari laporan akuntansi keuangan baku, kemudian laporan untuk kepentingan humas yang berisi status bahan kimia, atau tentang proses lain yang dipantau oleh para insinyur dan teknisi.
    Laporan Indikator Kunci
Laporan indicator kunci merupakan variasi laporan periodic. Laporan ini secara khusus memberikan beberapa statistic kritis kegiatan operasi harian dari hari sebelum manajer. Misalnya pada jam 08.00 pagi manajer penjualan dari masing-masing distrik yang besar dan secara geografis terpisah menerima laporan kegiatan hari sebelumnya, dan kemudian manajer nasional akan menerima laporan seluruh penjualan nasional sebelum tengah hari. Departemen produksi akan menerima  laporan produksi total dan jumlah produk gagal hari sebelumnya pada saat mereka memulai kegiatan pagi.
  Laporan Siap Panggil
Laporan siap panggil adalah jenis laporan yang ditetapkan oleh manajer agar tersedia sebelum berakhirnya satu periode, mungkin masalah operasi yang tidak diharapkan atau karena adanya ancaman, atau munculnya kesempatan pada lingkungan.
  Laporan Khusus
Laporan khusus juga seringkali disebut laporan ad-hoc, adalah jenis laporan lain dari jenis laporan tak-terjadwal yang dapat diminta oleh manajer. Laporan khusus dapat diminta karena organisasi menghadapi masalah tak terduga atau memerlukan informasi yang terantisipasi sebelumnya.
  Laporan Pengecualian
Laporan diberbagai organisasi biasanya menggunakan prinsip laporan pengecualian, yaitu hanya informasi yang diperlukan manajer bersangkutan sajalah yang dilaporkan.
  Laporan Sumber Informasi (INFORMASI RESOURCE MANAJEMEN,IRM)
IRM adalah konsep, gagasan, dan juga perspektif ketimbang sebuah kesatuan. Dalam bentuknya yang paling dasar, IRM adalah upaya untuk memusatkan perhatian pada informasi yang dihasilkan oleh system ketimbang oleh sistemnya sendiri atau juga pada komponen hardwere dan softwere dari system. Dengan IRM, maka informasi, ketersediaan, dan kegunaanya merupakan hal yang utama; system computer dipandang penting artinya apabila diperlukan untuk menghasilkan dan mengelola informasi. Penekanan IRM adalah pada aspek manajerial dan bukan teknis.
Seluruh sumber informasi di dalam sebuah organisasi di dalam lingkup IRM. Di dalamnya termasuk :
  •  Pengolahan bisnis
  •  Pengembangan system dan penerapan di dalam konteks SIM
  •  Manajemen data
  •  Jaringan (networking)
  •  Otomatisasi perkantoran
  •  Komputasi penggunaan akhir
  •  Pusat informasi
Tugas IRM adalah untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatan diatas untuk seluruh organisasi.
Bentuk Penyajian Laporan
  • Bentuk laporan non-verbal yang paling umum adalah bentuk naratif tertulis, bentuk table, laporan keuangan, gambar dan grafik.
  • Secara manual masing-masing dapat disajikan dalam bentuk hard-copy ataupun juga dapat ditampilkan di layer monitor. Deskripsi naratif biasa digunakan apabila informasi bersifat subjektif dan kualitatif, paling tidak sampai batas tertentu. Makalah semesteran, tesis dan pidato kenegaraan presiden adalah contoh laporan naratif. Para manajer dari divisi yang didisentralisasi biasanya mengirim laporan tertulis bulanan ke kantor pusat perusahaan yang isinya mengemukakan masalah yang dihadapi oleh divisinya, kesempatan-kesempatan yang ada, kemajuan, serta sasaran. Biasanya deskripsi dilampiri laporan keuangan.

Penggunaan aplikasi Business Intelligence

  • “Membuat hidup data lebih hidup => Membuat data lebih bermakna”
  • Business Intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi data-data operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah data warehouse. Selanjutnya data di data warehouse diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses data mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau pattern dari data. Hasil penyederhanaan dan peringkasan ini disajikan kepada end user yang biasanya merupakan pengambil keputusan bisnis.

Silahkan download materi lengkapnya di bawah ini🙂


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on May 29, 2012, in Perkuliahan, Sistem Informasi Manajemen and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: