Pemodelan dan Simulasi Sistem Kejadian Diskret


Arrum Mahygan

065109304

Universitas Pakuan


Pengertian

  • Sistem kejadian  diskret adalah sistem yang perubahan keadaan (state) nya dari suatu saat ke saat yang lain diskontinu. Pada sistem diskret, terjadinya perubahan disebabkan oleh kejadian (event) pada suatu saat. Biasanya kejadian terjadi dengan selang-selang waktu yang acak.
  • Simulasi sistem diskret adalah simulasi suatu sistem dengan mengikuti perubaan keadaan yang terjadi dari suatu aktivitas ke aktivitas yang lain, pencatatan dilakukan sesuai dengan setiap kejadian (bandingkan dengan simulasi sistem kontinu dimana pencatatan dilakukan pada selang-selang waktu tertentu yang konstan).
  • Waktu pada simulasi sistem diskret dicatat oleh lonceng (clock) dimana waktu simulasi adalah harga yang dicatat oleh lonceng tersebut.

metode untuk memperbarui loceng atau mengatur waktu simulasi

a.Pada selang waktu tertentu

Dengan cara ini maka simulasinya disebut berorientasi selang (interval oriented), karena pada setiap selang waktu tertentu selalu diadakan peninjauan apakah ada kejadian tertentu. Biasanya model sistem yang diformulasikan dalam bentuk Persamaan Diferens atau Formula Rekursif. Contoh : sistem filter digital dalm bentuk model ARMA, simulasi sitem ekonomi makro dalam bentuk pewsamaan variabel keadaan diskret, simulasi digital dari suatu proses kontinue, dan lain-lain.

b.   Pada saat ada kejadian

Dengan cara ini maka simulasinya disebuat berorientasi kejadian (event oriented) karena peninjauan hanya dilakukan pada saat ada kejadian. Simulasi ini diterapkan dalam simulasi antrian . Contoh : simulasi sistem antrian bank satu kasir, simulasi sitem antrian bank banyak kasir, simulasi sitem antrian time-shared CPU, simulasi sistem antrian JobShop, simulasi sistem antrian telepon, simulasi sistem antrian bandara.

Antrian

Banyak sistem waktu diskret dalm suatu studi simulasi mengandung proses-proses yang berhubungan dengan pelayanan dan melibatkan suatu antrian bila orang yang datang tidak langsung dilayani. Suatu sistem pelayanan dapat dipelajari dengan mempelajari karakteristik-karakteristik sistem pelayanan tersebut, yaitu :

  • Pola kedatangan, yang menjelaskan sifat-sifat statistik dari kedatangan entitas.
  • Proses pelayanan, yang menjelaskan bagaimana suatu entitas dilayani.
  • Disiplin antrian, yang menjelaskan cara-cara entitas berikutnya dipilih untuk dilayani.

 3 faktor proses pelayanan

  • Waktu pelayanan, waktu yang dibutuhkan untuk melayani setiap entitas.
  • Kapasitas, jumlah entitas yang dapat dilayani secara serentak.
  • Ketersediaan, waktu-waktu dimana pelayanan dapat diberikan.

Simulasi Sistem Ekonomi Makro

Model ekonomi makro suatu negara menggunakan tolok ukur agregat, misalnya : pendapatan nasional (national income), tingkat pengangguran, tingkat harga, belana konsumen, dll untuk menggambarkan interaksi antar unit-unit ekonomi,

seperti : konsumen, tenaga kerja, bisnis, pemerintah, dll. Sedangkan ekonomi mikro suatu keluarga hanya memusatkan perhatian pada unit ekonomi individu. Seperti tipe bisnis tertentu, belanja konsumen dari suatu tingkat pendapatan tertentu, dll.

Dalam contoh berikut ini, hubungan antar lima variabel ekonomi dapat ditulis sebagai :

  • Pendapatan (income) nasional pada tahun ke-k: I(k)
  • Belanja pemerintah (government) pada tahun ke-k: G(k)
  • Investasi bisnis swasta (private) pada ke-k: P(k)
  • Belanja konsumen (consumer) pada ke-k: C(k)
  • Pajak (taxes) pada tahun ke-k: T(k)

Untuk Lebih Pahamnya Silahkan Download Materi Lengkapnya di Bawah ini🙂

 

 


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on May 29, 2012, in Perkuliahan, Permodelan Dan Simulasi Sistem and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: