Karakteristik Password Yang Mudah Di Tebak


Password adalah hal yang penting dalam sebuah akun, passwordi dibutuhkan untuk setiap user atau admin. password adalah suatu keamanan yang sangat sederhana tetapi sangat penting bagi pengguna dan admin.

Pada kesempatan ini saya akan posting mengenai password dan memberikan tips untuk anda dalam memilih password agar terhindar dari para pencuri akun atau hacker yang berniat mencuri akun anda. di dalam hal ini waspadalah terhadap akun anda , kejahatan internet bisa saja terjadišŸ™‚ .

Seperti judul di atas karakteristik password yang mudah di tebak dan dan di bobol .

contohnya adalah sebagai berikut :

  1. sayangkamu
  2. 12345
  3. superman
  4. password
  5. user
  6. admin
  7. nama anda
  8. tanggal lahir anda
  9. iloveyou
  10. monkey
  11. nama pasangan
  12. root
  13. 1234567
  14. rockyou
  15. cantik
  16. ganteng
  17. tampan
  18. no telpon
  19. no identitas
  20. ukuran celana
  21. ukuran sendal jepit hahaa…

Berikut ini beberapa tips dalam membuat password agar tidak mudah ditebak atau dijebol orangĀ  .

1. Jangan menggunakan password yang terlalu singkat
Jumlah karakter pada password yang terlalu singkat, misalnya kurang dari 8 karakter, bisa dengan mudah ditebak. Apalagi menggunakan kata-kata yang sangat umum. Kalau anda gunakan pada akun di internet, bisa dengan mudah ditebak menggunakan program-program penjebol password seperti program Brutus. Atau jika digunakan pada dokumen word, excel, dan lain-lain, password yang terlalu singkat bisa dengan cepat didapatkan oleh program-program password recovery. Jika anda hanya bisa mendapatkan kata-kata yang pendek, bisa dikombinasikan/ditambahkan dengan angka karena selain lebih banyak karakternya, kombinasi huruf dan angka bisa memperumit penjebolan password.

2. Jangan menggunakan kata-kata yang mudah ditebak
Biasanya supaya mudah diingat, maka seseorang hanya menggunakan kata-kata yang mudah ditebak, seperti kota kelahiran, nama jalan tempat tinggal, nama ayah atau ibu, nama kantor tempat bekerja, atau bahkan nama sendiri, dan sebagainya. Akibatnya, orang lain bisa dengan mudah menebak-nebak password yang anda gunakan.

3. Jangan menggunakan password yang sama untuk akun yang berbeda
Misalnya jika anda mempunyai email lebih dari satu, sebaiknya password untuk setiap akun berbeda dengan akun lainnya. Jangan semuanya memiliki password yang sama. Karena sekali bisa ditebak, maka akun yang lainnya juga terbongkar semuanya. Ini sih namanya sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati. Pokoknya mesti beda-beda passwordnya.

4. Jangan menuliskan username dan password dalam satu halaman
Mungkin maksud anda supaya saat lupa bisa tinggal buka buku pada halaman tertentu yang berisi username dan password. Justru dengan menuliskannya di buku/kertas akan dengan mudah didapat oleh orang lain. Kalaupun harus ditulis, tidak perlu diberi penjelasan kalau itu adalah username dan password, biarlah hanya anda dan Tuhan yang tahu itu. (:-)

5. Password yang baik selalu menggunakan kombinasi.
Bisa berupa kombinasi dari huruf, angka, dan simbol-simbol seperti ~ ! @ # $ % dan lain-lain. Untuk huruf bisa menggunakan kombinasi huruf besar (kapital) dan huruf kecil. Jika menggunakan kata-kata umum, baiknya juga dikombinasikan satu sama lain. Misalnya nama depan anda + nama kota + nama jalan + tahun lahir.

6. Bisa juga menggunakan singkatan.
Ini untuk kata-kata yang mudah diingat. Misalnya anda memilih tempat tanggal lahir anda, yaitu Jakarta, 12 September 1980. Maka passwordnya adalah TtlJkt12Sep80. Atau kombinasi singkatan lainnya.

7. Mengganti password setiap periode waktu tertentu (misalnya setiap 1 bulan)
Beberapa orang menganggap hal ini sangat disarankan, terutama jika digunakan dalam sebuah institusi penting seperti perbankan dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih password yang kuat dan sulit ditebak.

– Pilih password Anda mudah diingat. sehingga Anda tidak perlu menuliskannya atau tinggalkan di tempat terbuka, tapi sulit ditebak orang lain.

– Hindari kata yang lengkap dari suatu kamus (Inggris atau sebaliknya) atau sebuah nama.

– Gunakan setidaknya 7 karakter. Semakin banyak karakter password Anda berisi, semakin sulit bagi seseorang untuk menebak itu. Sebuah password yang panjang tapi sederhana bisa lebih aman daripada yang pendek kompleks sehingga lebih mudah untuk diingat.

– Gunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka, dan simbol standar (@ # $% ^! & *). Biasanya sebuah sandi adlah case-sensitive, yang berarti bahwa huruf kapital berbeda dengan huruf kecil.

– Jangan menggunakan informasi pribadi bahwa seseorang bisa dengan mudah mencari tahu. Hindari password berdasarkan informasi yang mudah diperoleh tentang Anda (seperti ulang tahun Anda, anak Anda atau nama hewan peliharaan, nomor telepon, nomor plat, majikan, nama sekolah, merek mobil, atau nama jalan).

– Jangan menggunakan password yang sudah Anda gunakan untuk account lain, seperti PIN rekening bank Anda.

– Jangan menggunakan ID Akun Anda (atau nama pengguna yang lain) dalam bentuk apapun (seperti ditulis terbalik, dikapitalisasi, atau ditulis dua kali).

– Jangan membuatnya mudah bagi penyerang dengan mengulangi angka atau huruf (seperti “111111” atau “FFFFFF”) atau setiap urutan umum lainnya karakter (seperti “123456”).

– Tinggalkan password yang jelas seperti “test” atau “password.”

– Bila Anda mengubah sandi Anda, mengubah beberapa karakter, jangan hanya menambahkan nomor seperti “2” pada akhir sandi.

– Jangan perlihatkan orang menonton Anda memasukkan password Anda pada saat Anda mengetik (seperti password diketik menggunakan satu tangan, seperti “qwerty”).

– Masukan huruf baru pada frasa/kata yang biasa digunakan. Misalnya, menggantikan huruf dengan angka atau simbol standar atau menghapus vokal. Contohnya, “fredsboy” dapat dibuat menjadi “boyFr3d$”

– Jika Anda menggunakan password generator, hati-hati. Pastikan Anda dapat mengidentifikasi dan percaya pencipta sebuah manajemen password atau program generator.

– Jangan berbagi informasi pribadi kecuali jika Anda mempercayai perusahaan atau orang yang bekerjasama dengan anda.

– Password online-generator program dapat membantu Anda membuat password acak yang umumnya sulit untuk dibajak tetapi juga lebih sulit untuk diingat.

sumber :

finachairani.blogspot.com

http://security.yahoo.com


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on June 23, 2012, in Info Dunia IT and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: