Tips Memilih Tempat Kuliah Dan Perguruan Tinggi


kuliah

Tips Memilih Tempat Kuliah Dan Perguruan Tinggi itu sangat penting , mengingat lulusan dari sekolah SMA atau SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Saya akan memberikan beberapa tips untuk sobat sekalian yang masih bingung memilih tempat kuliah yang sesuai dengan minat dan jurusan yang disukai sobat.

Beberapa Tips pengalaman yang mungkin berguna buat sobat semua , agar tidak salah masuk jurusan seperti saya😦 .  :

1. Kenali Minat Dan Bakat Diri

Minat dan Bakat sangatlah penting menurut saya, mengapa penting? dengan mengenali minat dan bakat yang sobat miliki itu bisa menjadi modal awal memasuki bangku kuliah dan tentunya sobat sudah mengetahui jurusan yang akan sobat pilih.

Dengan mengenal minat dan bakat yang sobat miliki sobat bisa mengembangkannya di universitas yang sobat idam-idamkan.

2. Lokasi Universitas Dan Dana

Lokasi universitas sangatlah penting, jika lokasi nya jauh dari rumah orang tua sobat dengan automatis sobat haru menyewa kost untuk tinggal sementara. hal yang perlu di nilai adalah lingkungan sekitar kampus yang sobat minati, baik buruknya ini sangat berpengaruh dengan pergaulan sobat, percayalah sobat lingkungan itu sangat penting untuk konsentrasi dan keseriusan belajar kita.

Faktor Dana ini juga perpengaruh penting, sobat bisa mempertimbangkan dalam anggaran dana yang nantinya untuk mendanai kuliah sobat nanti. jika dana nya dari orang tua seharusnya sobat sudah bermusyawarah dengan kedua orang tua dahulu atau sobat ingin membiayai dengan uang sendiri dengan bekerja paruh waktu juga bisa.

Kecuali sobat mendapatkan biaya siswa dari kampus sobat tidak memikirkan lagi masalah dana dan sobat bisa berkonsentrasi dengan kuliah.

Jangan sampai masalah dana sobat tidak melanjutkan untuk niat kuliah. yakinlah sobat bisa. carilah kampus yang mengeluarkan biaya siswa atau sobat bisa bekerja paruh waktu.

3. Kenali Perguruan Tinggi dan Jurusan

Sebelum mengenali universitas nya sobat harus mengetahui lokasi nya. seberapa jauh dari kota sobat tinggal. Universitas terkenal belum tentu membuat sobat menjadi sukses kuliah. berikut ini ada beberapa tips sukses kuliah.

Perguruan tinggi tidak menjamin mahasiswanya kreatif dan disiplin. sesungguhnya motifasi itu ada pada diri sendiri bagaimana menjalani itu semua dengan niat dan menyatukan tujuan kuliah itu untuk apa , bukan hanya untuk menyombongkan diri atau bergaya-gaya saja.

Pada umumnya struktur pendidikan tinggi terdiri dari 2 jalur pendidikan yaitu pendidikan akademik dan pendidikan profesional. Pendidikan akademik menghasilkan lulusan dengan gelar S1, S2, dan S3. Sedangkan Pendidikan jalur profesional menghasilkan lulusan yang memperoleh sebutan profesional melalui program diploma (D1, D2, D3, D4).

4. Kumpulkan Informasi Sebanyak-Banyaknya Tentang Kuliah dan kampus

Dengan adanya informasi anda bisa menilai sendiri dan tentunya ada sudah bisa mengetahui apa langkah yang harus ada ambil sekarang. Informasinya bisa mengenai kampus yang akan anda masuki hingga biaya persemester dengan banyak-banyak lah browsing atau mengunjungi website kampus tersebut.

Mengenai gelar anda juga harus mengetahuinya, Gelar Sarjana apa yang nanti anda dapatkan setelah lulus dari kampus tersebut.

5. Karir dan Masa Depan

Pertimbangkanlah dalam hal karir dalam masa depan, jaminan apa yang di tawarkan kampus jika anda masuk menjadi mahasiswa kampus tersebut dan hak apa yang di berikan kampus kepada anda nantinya jika anda kuliah di kampus tersebut.

Semoga tips dari saya bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dalam mempertimbangkan universitas apa yang akan sobat pilih nantinya. So jangan takut untuk bermimpi sobat🙂.


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on July 18, 2012, in Info Mahasiswa, NavBar Novtani and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. RENUNGILAH DAN TENANGKANLAH DIRI ANDA DULU

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: