Efisiensi dan Keefektifan dalam Manajemen


Efesiensi dan Efektivitas itu saling berkait. Lebih mudah bersikap efektif seandainya orang mengabaikan efesiensi. Contoh Efisiensi dan Keefektifan dalam Manajemen :

” Packard-Bell dapat memproduksi komputer-komputer yang mahal dengan ciri-ciri komputasi tingkat atas yang sangat hebat seandainya perusahaan itu mengabaikan biaya-biaya masukan bahan dan tenaga kerja. Dan sejumlah lembaga pemerintah federal telah dikritik terus-menerus berdasarkan alasan bahwa mereka itu cukup efektif tetapi sangat tidak efisien. Artinya mereka memang menyelesaikan tugas-tugas mereka tetapi dengan biaya amat tinggi. Oleh karena itu manajemen menaruh perhatian bukan pada perampungan kegiatan-kegiatan dan mencapai sasaran-sasaran organisasi ( efektifitas atau hasil guna ). “

diagram efesiensi dan keefektifan dalam manajemen industri

Mungkin organisasi itu efisien namun tidak efektif? Ya, dengan melakukan hal-hal yang keliru secara baik! contoh :

“Banyak Universitas telah menjadi sangat efisien dalam memproses mahasiswa.  Dengan menggunakan pembelajaran yang dibantu komputer dan bahan kuliah berdasarkan internet, kelas belajar jarak jauh, kelas yang besar, dan mengandalkan dosen penggal waktu. Para pengelola itu telah sangat banyak memangkas biaya pendidikan masing-masing mahasiswa. Namun, para mahasiswa alumni dan badan-badan akreditasi telah mempertanyakan apakah mahasiswa-mahasiswa itu di didik sebagaimana mestinya. Tentu saja, dalam organisasi yang sukses, biasanya efisiensi yang tinggi terjadi bersama dengan efektifitas yang tinggi. Dan manajemen yang buruk itu seringkali sekaligus diakibatkan oleh ketidakefisienan dan ketidakefektifan atau oleh efektivitas yang dicapai melalui ketidakefisienan.”

Tugas!

Managemen Operasi Industri  Dan Contoh aplikasinya sthepen p robbins 

STEPHEN P. ROBBINS

STEPHEN P. ROBBINS

interpretasikan gambar diagram efesiensi dan keefetifan dalam manajemen ( mulai dari Input, Proses dan Output )

BOOK Reference :

BUKU PERILAKU ORGANISASI ( ORGANIZATIONAL BEHAVIOUR ) EDISI 12 OLEH STEPHEN P. ROBBINS, TIMOTHY A. JUDGE
Buku 1 Click Here
Buku 2 Click Here


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on November 8, 2012, in Manajemen Operasi Industri, Perkuliahan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: