Pengenalan Manajemen Operasi


Manajemen Operasi industri

Apa yang dilakukan Manajer Operasi ??

Manajer operasi adalah orang-orang yang berfikir realistis, selalu bekerja keras dan berusaha untuk menyelesaikan tugasnya secara optimal. Mereka melakukan berbagai tugas di berbagai jenis bisnis dan organisasi. Manajer operasi harus Melakukan fungsi-fungsi proses manajemen: perencanaan, pengorganisasian, pembentukan staf, kepemimpinan dan pengendalian.

Manajemen Operasional

Manajemen Operasional adalah usaha pengelolaan secara optimal penggunan faktor produksi : tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan faktor produksi lainnya dalam proses tranformasi menjadi berbagai produk barang dan jasa.

Fungsi Manajemen Operasi

Fungsi dari manajemen operasi meliputi pemilihan proses, memantau fasilitas dari lokasi atau tempat produksi, merancang pekerjaan, memperhatikan kualitas hasil produksi,  penjadwalan kerja, mengatur stok barang baik barang mentah, jadi ataupun setengah  jadi, dan merencanakan kegiatan produksi.

Sejarah Perkembangan Manajemen Operasi

manajemen operasi industri

Pada dasarnya Manajemen Produksi dan Operasi sudah lama terdapat, yaitu setelah manusia menghasilkan barang dan jasa. Walau pun sudah lama terdapat, tetapi kenyataannya baru mulai diperhatikan dan dipelajari sekitar dua abad yang lalu.

Usaha-usaha produktif telah dimulai sejak peradaban manusia mulai dikenal. Pada masa-masa itu, sektor produksi masih bersifat kerajinan tangan ( handicraft era ) sampai pada masa revolusi industri pada tahun 1800-an. Beberapa kejadian penting pada masa tersebut adalah sebagai  berikut.

  1. 1769, penemuan mesin uap oleh James Watt.
  2. Perang revolusi (1776) dan lahirnya konstitusi AS (1789) yang mendorong perdagangan dan investasi modal dengan memberikan perlindungan terhadap hak kepemilikan pribadi.
  3. Adam Smith (1776) mencetuskan apa yang disebutnya dengan istilah “division of labor“, termasuk juga program pengembangan ketrampilan pekerja, penghematan waktu, dan penggunaan mesin-mesin yang single-purpose.

Tahun 1900-an, Penemuan lampu listrik  oleh Thomas Alfa Edison, menjadi pemicu semakin membanjirnya suplai listrik bagi industri-industri di AS. Pada waktu itu, F.W. Taylor bekerja di perusahaan industri baja dan secara kebetulan menduduki jabatan yang memungkinkan untuk melakukan eksperimen atas beberapa gagasan. Taylor, menemukan berbagai macam ketidak-efisienan yang terjadi di perusahaan.

Gagasan atas eksperimen yang dilakukannya didasarkan pada filosofi bahwa “pendekatan manajemen secara ilmiah dapat meningkat-kan efisiensi tenaga kerja”. Berkaitan dengan filsafat ini, langkah-langkah efisiensi yang direkomendasikannya adalah sebagai berikut :

  • Mengumpulkan data dari masing-masing elemen kerja dan kemudian mengembangkan suatu prosedur kerja standar yang harus diikuti oleh pekerja.
  • Melakukan pemilihan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan pekerja secara ilmiah.
  • Meningkatkan kerja sama antara manajemen dengan pekerja.
  • Membagi secara jelas batas pekerjaan antara manajemen dan pekerja

Perkembangan dunia usaha membuat masalah-masalah yang timbul semakin complicated. Kerumitan ini mengakibatkan tekhnik-tekhnik riset operasi yang semula hanya dilakukan secara manual harus dioperasikan dengan menggunakan peralatan pendukung. Pada masa inilah, komputer sebagai data-base dan alat analisis mulai diperkenalkan.

baca artikel lain


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on November 9, 2012, in Manajemen Operasi Industri, Perkuliahan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: