Materi e-Business Supply Chain dan e-Commerce


business

Pengeritan e-Business

Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.

E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

Supply Chain adalah jaringan perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir.

Supply chain management yaitu berorientasi pada urusan internal dan eksternal perusahaan yang menyangkut hubungan dengan perusahaan-perusahaan partner.

Contohnya di perusahaan manufaktur

  • Kegiatan merancang produk baru
  • Kegiatan mendapat bahan baku
  • Kegiatan merencanakan produksi dan persediaan
  • Kegiatan melakukan produksi
  • Kegiatan melakukan pengiriman
  1. Dari internal => apabila kurangnya koordinasi antara bagian marketing dan bagian produksi, akan mengakibatkan proses produksi yang seharusnya sesuai jadwal karena bagian marketing seringkali membuat kesepakatan dengan pelanggan tanpa mengecek dulu kemampuan dari produksi tersebut mengakibatkan rusaknya jadwal produksi yang telah ter schedule
  2. Mencari titik temu antara apa yang di inginkan pelanggan dengan apa yang dibuat dan di kirimkan oleh supply chain
  3. Melakukan survey pasar untuk mendapatkan model produk yang disukai oleh pelanggan
  4. Electronic procurement => salah satu model pengadaan yang mendukung jangka pendek adalah e-auction, e-auction adalah suatu aplikasi yang berjalan di internet, pembeli dapat mengundang beberapa supplier untuk menawarkan harga dari produk dengan spesifikasi dan supplier yang menawar dengan harga terendah yang di anggap menang.
  5. Fulfilement => pemenuhan pesanan pelanggan , menerima order melalui web atau web based ordering, mengolah transaksi, management gudang .

dunia bisnis internet

Pengertian E-Commerce

Pengertian E-Commerce atau definisi e-commerce adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, dll.

Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.

Sumber: http://ewawan.com


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on December 3, 2012, in e-Business, Perkuliahan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: