10 Tips Sukses Dalam Menjalankan Praktek Kerja Lapang


praktek kerja lapang

Halo sob and sis, kali ini iseng kasih beberapa tips dari kompasiana, kaskus dan novtani blog punya inisiatif memasukan ke blog tercinta ini karena pernah ngerasain gimana rasanya PKL ( praktek kerja lapang ) *bukan Pedagang Kaki Lima hehee😀. oke cekidot gan.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan ataupun Universitas, selain sebagai mata pelajaran/kuliah wajib yang harus dipenuhi oleh mahasiswa/pelajar juga sebagai tempat untuk mengenal dunia kerja yang sebenarnya (terutama prodi non-pendidikan) dan yang lebih penting adalah sebagai tempat belajar, mencari ilmu dan pengalaman. Disinilah kita dapat melihat penerapan riil dari teori -teori yang telah kita dapatkan sebelumnya.


Sekedar sharing bagi para mahasiswa yang ingin menjalani PKL, berikut ini adalah 10 tips sukses menghadapi PKL yang merupakan opini dari hasil pengamatan penulis sendiri.

1. Menentukan Target

Sebaiknya sobat menentukan target: apa yang ingin Anda kuasai (sesuai bidang/jurusan), pengalaman apa saja yang bisa Anda peroleh, berapa lama Anda akan mengikuti PKL, dan lain-lain. Pertimbangkan hal ini dengan baik, bila perlu mintalah petunjuk dari senior atau pembimbing anda.

Misalnya jurusan agan-agan Teknik Komputer Dan Jaringan ya harus PKL di tempat yang ada Teknik Komputer Dan Jaringan, kalo agan pkl ditukang poto kopi atau PLN ya salah kamar gan.

2. Cari Informasi

Jangan malu bertanya gan, cari informasi dan pelajari perusahaan/instansi tempat anda akan mengadakan PKL. Ini akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan lingkungan dimana tempat Anda akan bekerja. Jangan sampe agan-agan salah informasi. Informasi bisa di dapat dari Media online dan dari lain-lain.

3. Belajar Dan Belajar Lagi

Pelajari kembali. Setidaknya buka kembali buku-buku mata kuliah/pelajaran yang berkaitan dengan bidang kajian tempat sobat akan mengadakan PKL. Sehingga nantinya anda akan lebih mudah menemukan kaitan antara teori dan keadaan di lapangan. Bila perlu, catatlah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan anda tanyakan. Ya seengaknya agan pelajarin tentang yang akan agan kerjakan di PKL.

4. Inisiatif

Berinisiatif itu penting gan, jangan pernah berpikir bahwa orang lain akan dengan sukarela mengajari agan. Upayakan untuk aktif bertanya dan mempelajari hal-hal baru. Agan bisa aja inisiatif belajar pas kerjaan lagi gak ada. misalnya minta ajarin sama karyawan yang udah handal dibidangnya dan sebagainya.

5. Membangun Relasi

Membangun jaringan tepatnya, kesempatan PKL juga dapat agan pergunakan untuk menambah relasi dan berkenalan dengan orang-orang yang mungkin nantinya dapat membantu agan. Oleh karena itu, usahakan bergaul dengan sebanyak mungkin orang. Ini memungkinkan agan bakal di tarik kerja,, uhuyy selamat gan.😀

6. Find The Point

Temukan polanya,temukan intinya. Apa yang Anda lakukan selama kegiatan PKL mungkin hanya secuil dari keseluruhan dinamika perusahaan/instansi tempat Anda bekerja. Jangan pernah puas dengan hal tersebut, tetapi berusahalah untuk memperoleh “gambaran besar”nya. Kenali polanya dan budaya perusahaan tersebut. Mengenali pola perusahaan/instansi sangatlah penting, karena akan membantu agan-agan dalam melaksanakan PKL ini.

7. Siapkan Mental

Jangan lupa persiapkan mental untuk PKL dan belajar, bukan untuk jalan-jalan terutama yang di PKL diluar kota, bukan berarti tidak boleh refreshing loh, yang penting niat utamanya PKL itu belajar.  Agan harus siap mental banget, karena pasti nanti akan di omel-omelin sama pak bos walau kadang dalam konteks yang berbeda bahasa dan cara menyampaikannya.

8. Jaga Sikap

Jaga Sikap dan Perilaku juga penting. Ini hal penting karena berhubungan dengan nama baik almamater yang kita pakai, menjaga sikap dan perilaku di tempat PKL merupakan cerminan sikap seorang intelektual seperti : berpakaian rapi dan santun, sopan santun ketika masuk ke ruangan kerja, menyapa petugas dengan salam, bertanya disaat yang tepat, jangan bertanya disaat orang sedang sibuk, dan bertanyalah dengan pertanyaan selayaknya mahasiswa/pelajar, dan hindari bergerombol, mengobrol atau bercanda di ruangan kerja karena dapat mengganggu petugas yang sedang bekerja disekitar kita.

9. Berhubungan Baik

Pelihara hubungan baik dengan unit kerja pendukung untuk laporan nanti, untuk menjaga sewaktu waktu kita memerlukan keterangan atau data pelengkap semisal dalam penyusunan skripsi atau laporan dan sebagainya.

10. Key Of Succes

Jangan lupa berdoa agar kegiatan PKL anda bisa berjalan dengan lancar dan sukes. Inilah kunci keberhasilan kita, tanpa doa mungkin pekerjaan kita akan berat tapi dengan doa kita bisa meringankannya.

Semoga bermanfaat ya sobat yang masih dalam tahap praktek kerja lapang atau yang baru menjalankan.🙂


Baca Artikel Lain :

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on March 19, 2013, in Info Dunia IT, Info Mahasiswa, Tugas Kuliah and tagged . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. trimakasih…..sangat mencerahkan.

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: