Cara Mengisi e-Filling SPT Tahunan Melalui DJPOnline Pajak


eFiling-logo

Masih bingung bagaimana cara mengisi e-filling SPT tahunan djp pajak online? mudah saja terlebih dahulu sobat perlu mendapatkan kode e-FIN di kantor pelayanan pajak atau KPP Pratama terdekat. Syarat mendapatkan kode e-FIN cukup dengan fotocopy ktp dan npwp (nomor pokok wajib pajak), jika belum mempunyai npwp harap disegerakan membuatnya ya atau bisa registrasi npwp secara online di https://ereg.pajak.go.id/daftar.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengisi e-filling SPT tahunan 2015 dan untuk aktivasi dan registrasi e-FILLING SPT tahunan 2015.

1. Setelah sobat telah mendapatkan kertas yang terdapat kode e-FIN langkah selanjutnya adalah cukup mengakses login dashboard atau langsung ke menu registrasi e-FILLING : https://djponline.pajak.go.id/registrasi 

djponline login dashboard

2. Jika sudah muncul tampilan seperti dibawah ini silahkan sobat isi form sesuai dengan data sobat. Masukan nomor pokok wajib pajak (NPWP) pada field form pertama hanya angka ya sob jangan ada karakter titik atau strip karena akan ditolak oleh sistem. Lalu masukan kode EFIN yang sudah didapatkan dari kantor pajak selanjutnya isi kode keamanan kemudian klik tombol verifikasi.

djponline formulir efilling.jpg

3. Selanjutnya akan muncul tampilan pendaftaraan pengguna DJP online. Pastikan bahwa data yang tertera didalam field sudah benar seperti email dan nomor handphone sob. Kemudian buatlah password yang mudah di ingat, password ini akan dipakai pada saat login DJP online nanti. Untuk yang masih kebingungan boleh membaca kotak pentunjuk yang terdapat di sebelah kiri.

djponline registrasi.jpg

4. Langkah selanjutnya silahkan cek email yang berisikan akun aktivasi ya. ikuti petunjuk yang tedapat di email tersebut. isi emailnya seperti berikut ini :

email aktivasi efilling.jpg

5. Langkah selanjutnya adalah Login ke halaman DJP online pajak. berikut ini link dashboard loginnya : https://djponline.pajak.go.id/account/login . Isikan NPWP dan password yang telah anda buat sebelumnya untuk login.

6. Setelah sukses login, selanjutnya masuk kedalam menu E-FILLING yang terdapat dimenu sebelah kanan seperti gambar berikut ini :

djponline dashboard.jpg

7. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini, langkah berikutnya adalah buat laporan SPT kamu sendiri sob. Buat SPT dan ikuti intruksi seusai yang ada disana. Setelah sukses pelaporannya maka akan otomatis mendapatkan email konfirmasi telah melaporkan pajak tahunan. Isi emailnya seperti berikut ini :

bukti penerimaan laporan pajak online.jpg

Selamat anda telah menyampaikan laporan pajak ya sob. semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu ya. yang masih kebingungan silahkan berkomentar ya. Thank you sob.

 

About Dian Novtani

adalah seorang yang biasa saja dan tidak ada yang bisa di banggakan dengan ilmu yang sedikit hanya untuk berbagi kepada dunia. Follow twitter : @dianovers

Posted on March 22, 2016, in Informasi Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Tinggalkan Komentar Anda Disini dan Budayakan Komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: